Belajar Al-Qur'an Online

Map Pengunjung Blog Ini


Clock By Blog Tips


7 Makanan Sehat Penahan Lapar


Jakarta - Sedang berdiet tetapi tetap ingin makan enak? Menjelang pesta Natal dan tahun baru tentu banyak makanan enak jadi penggoda. Dengan sedikit cermat, Anda tetap bisa berdiet, tetap kenyang tanpa jadi gendut. Apa saja yang bisa disiasati?

Diet tidak melulu berkaitan dengan mengurangi makan, namun menjaga perut tetap dalam keadaan kenyang meskipun dengan sekali makan. Menurut Sneha Jain, seorang ahli nutrisi, ada beberapa jenis makanan yang bisa menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang sehingga secara tidak langsung porsi makan  berkurang dan berat badan terjaga.

Berikut ini beberapa bahan makanan yang bisa dipilih terutama dalam menu pesta supaya mendapatkan rasa kenyang lebih lama atau tahan lapar:

Ikan (Fatty Fish)
Ikan  yang mengandung asam lemak Omega-3 seperti salmon, tuna, mackarel, dan hering selain menurunkan kolesterol juga mempercepat metabolisme.  Omega-3 lemak asam mengubah tingkat leptin - hormon yang secara langsung mempengaruhi metabolisme dan menentukan apakah Anda membakar kalori atau menyimpannya sebagai lemak. Ikan juga menjadi sumber protein yang baik. Tentu saja cara pengolahannya diperhatikan, seperti dipanggang atau di kukus.
Ikan Tuna


Buah Asam
Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk peras, jambu biji pepaya, dan tomat kaya akan vitamin C dan serat. Vitamin C membantu proses lemak tubuh lebih cepat dan juga merangsang asam amino yang dikenal sebagai karnitin - senyawa yang mampu membakar lemak. Buah jeruk juga memiliki kandungan air yang tinggi dan menyediakan sekitar 50 sampai 75 kkal, membuat rasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.


Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam, asparagus dan brokoli memiliki efek termal yang tinggi pada tubuh dan tentunya rendah kalori. Ini berarti tidak mungkin sayuran disimpan sebagai lemak karena sebagian besar kalori mereka dibakar dalam proses pencernaan. Selain itu, serat yang terdapat dalam sayuran hijau mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang memberi rasa kenyang.


Popcorn
Popcorn, camilan yang asyik buat nonton mengandung serat dan juga rendah kalori. Namun, jangan gunakan karamel, keju, dan juga mentega saat membuatnya. Agar manfaatnya bisa di rasakan.


Kacang
Kacang merupakan sumber serat dan protein nabati yang baik. Kacang memakan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama. Selain itu, protein memiliki indeks kenyang tertinggi (yang menentukan berapa lama akan Anda merasa kenyang) dibandingkan nutrisi lainnya.


Produk Susu Rendah Lemak
Susu rendah lemak dan juga jenis produk susu rendah lemak lain, seperti yoghurt dan keju rendah lemak adalah sumber kalsium yang baik. Kalsium membantu memecah sel-sel lemak yang ada dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidak mendapatkan cukup kalsium dapat memicu pelepasan calcitrol, suatu hormon yang menyebabkan penyimpanan lemak.


Apel
Apel sering kali dijadikan makanan pengganti untuk Anda yang berdiet. Tak heran, karena dalam satu buah apel mengandung kadar air dan juga serat yang cukup tinggi. Sehingga  akan memberi rasa kenyang setelah memakannya. Pada kulit apel terdapat kandungan serat larut yang bernama pektin yang dapat menekan nafsu makan secara alami.


detik

Visit : Militerania | Interesting | Beware

0 Response to "7 Makanan Sehat Penahan Lapar"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme